Manado, (Antaranews Sulut) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu aman bagi kunjungan wisatawan.

"Hingga saat ini Sulut aman. Kalau bilang potensi bencana seluruh dunia berpotensi," kata Wagub di Manado, Rabu.

Wagub mencontohkan, erupsi Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara pekan lalu tidak berdampak pada keamanan.

"Kemarin memang sempat erupsi, tadi tidak seberapa, dan tidak ada pengungsian warga apalagi korban jiwa, jadi Sulut masih sangat aman dan kondusif untuk warga dan wisatawan," ungkapnya.

Saat erupsi Gunung Soputan sempat menyebar gambar letusan dahsyat, namun setelah ditelusuri video/foto letusan tersebut adalah Gunung Merapi.

"Sampai saat ini sekali lagi saya sampaikan Sulut aman, kami sudah berkoordinasi dengan pihak BMKG dan BPBD Sulut terkait hal ini," katanya.

Wagub pun mengimbau masyarakat di daerah ini tidak mudah percaya kepada isu-isu yang mengatakan provinsi ujung utara Sulawesi dalam keadaan rawan bencana atau darurat bencana.

"Kalau soal bencana, seluruh daerah di dunia berpotensi bencana, bukan hanya Sulut, jadi jangan percaya isu-isu meresahkan yang mengatakan kita ini sedang rawan gempa atau semacamnya yang hanya ingin menakut-nakuti masyarakat saja, kecuali info resmi dari badan-badan yang berwenang," ujarnya.

Pemerintah daerah menyayangkan isu-isu yang menyebutkan Sulut dikategorikan rawan apalagi di tengah upaya pemerintah yang sedang gencar-gencarnya mempromosikan daerah ini sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia.

"Sangat disayangkan, ketika pak Gubernur sedang gencar-gencarnya mempromosikan setiap potensi wisata di Sulut ada orang yang suka menyebarkan kabar seperti itu, jangan percaya, tidak benar itu, Sulut tetap aman dan kondusif," katanya.Budi Suyanto

(T.K011/B/B008/C/B008) 10-10-2018 15:33:26

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024