Minahasa, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan ke lokasi bencana yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Saat ini bantuan dari Pemkab Minahasa sudah tahap kedua yang kami kirimkan ke Sulawesi Tengah," kata Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, Denny Mangala di Tondano, Kamis.

Dia menuturkan, bantuan yang dikirimkan tersebut diarahkan ke Kabupaten Sigi.

"Sesuai dengan koordinasi bersama pemerintah provinsi, bantuan yang akan kami kirimkan ini akan menuju ke lokasi bencana Kabupaten Sigi," tambahnya.

Bantuan yang dikirimkan Pemkab Minahasa berjumlah Rp162 juta yang dikumpulkan secara sukarela baik para aparat pemerintah maupun masyarakat.

"Bantuan yang dikirimkan ini berasal dari spontanitas dari para pegawai, maupun masyarakat. Sedangkan bantuannya kebanyakan barang kebutuhan pokok bagi para pengungsi," jelasnya.

Selain bantuan, Pemkab Minahasa mengirimkan tim medis, personil BPBD, pemadam kebakaran, tim tanggap bencana (Tagana), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Sementara Bupati Minahasa, Royke Roring mengharapkan bantuan yang diberikan Pemkab bersama rakyat Minahasa, bisa meringankan beban para pengungsi.

"Saya berharap bantuan ini bisa membantu para pengungsi yang terkena dampak gempa di Sigi," katanya.

Dia pun berharap agar para korban bencana tersebut dapat terbantu dengan bantuan yang dikirimkan Pemkab Minahasa.

(T.KR-AIK/B/H014/H014) 11-10-2018 20:16:48

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024