Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Provinsi Utara, akan melakukan pembinaan serta pendampingan terhadap sejumlah desa yang telah mempunyai perpustakaan.

"Kami akan turun ke sejumlah desa yang sudah mempunyai perpustakaan untuk melakukan pembinaan dan pendampingan bagi para pengelolanya," kata Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Tenggara Jotje Wawointana di Ratahan, Selasa.

Dia menjelaskan, sejumlah desa telah menyiapkan perpustakaan dengan menganggarkannya lewat program dana desa.

"Memang belum semua. Tapi saat ini pengelolaan dana desa juga bisa untuk pengadaan perpustakaan desa, makanya kami berharap nada pendampingan dari instansi terkait," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Minahasa Tenggara Saul Arikalang menjelaskan pihaknya akan melakukan pembinaan secara langsung terhadap perpustakaan desa.

"Kami akan melakukan pembinaan terhadap perpustakaan ndeso yang sudah ada. Dan menjadwalkan tim yang akan secara rutin turun ke lapangan," katanya.

Dia menambahkan agar perpustakaan desa harus memiliki fasilitas yang memadai dengan memperbanyak koleksi buku yang ada.

"Kami berharap dengan adanya perpustakaan di desa, animo masyarakat untuk membaca akan meningkat. Namun juga harus memperhatikan fasilitas pendukung serta koleksi buku-buku," demikian Saul.

(T.KR-AIK/B/A035/A035) 09-10-2018 21:54:36

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024