Manado, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban mencanangkan gerakan memungut sampah di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya mengajak segenap masyarakat Kota Bitung untuk senantiasa menjaga kebersihan," kata Lomban di Bitung, Rabu.

Dia mengatakan bahwa memelihara penghijauan di Kota Bitung sangat penting bagi kehidupan manusia. Apalagi untuk ketersediaan oksigen yang cukup untuk Kota Bitung sendiri.

Lomban mencanangkan "Gerakan Pungut Sampah" sembari berharap agar supaya gerakan tersebut dilaksanakan dan dapat ditunjang oleh seluruh pihak.

"Agar nantinya ke depan Kota Bitung akan semakin berbenah untuk menjadi kota bersih seiring dengan beberapa Piala Adipura yang kita sama-sama telah terima," katanya.

Bagi yang baru membangun bangunan baru untuk hunian, katanya, agar supaya dapat memastikan untuk tempat penampungan tinja diperhatikan agar tidak bocor, karena jika bocor maka akan mencemarkan pasokan air bersih yang ada di dalam tanah.

Dia menjelaskan terkait Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) yang saat ini baru melayani Kecamatan Maesa dan Aertembaga.

Lomban bersama Wakil Wali Kota Mantiri melakukan inspeksi terhadap mobil truk tinja tersebut sembari mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memaksimalkan program ini demi menyukseskan bersih di dalam tanah yang menjadi salah satu program 5 bersih pemerintahan "MaMa".



(T.KR-NCY/B/A035/C/A035) 03-10-2018 12:52:14

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024