Manado, 3/10 (Antaranews Sulut) - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Amurang untuk memperkuat sistem kelistrikan di Provinsi Sulawesi Utara.

"Pembangkit listrik ini disewa PT PLN (Persero) dari PT MegaDaya Tangguh di kawasan kompleks pembangkit PT PLN (Persero) Amurang Minahasa Selatan, Sulut," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng saat meresmikan PLTU 2 Amurang (2x30 MW), Rabu.

Dia menjelaskan unit I PLTU ini telah beroperasi komersial (COD) sejak tanggal 22 Januari 2018 sedangkan unit 2 tanggal 19 April 2018.

Selama tahap konstruksi, proyek ini menggunakan 450 orang tenaga kerja dan tahap operasi sebanyak 150 orang. Biaya investasi proyek ini dilaporkan sebesar 75,2 juta dolar AS.

"Dengan tambahan kapasitas dari dua unit pembangkit ini, Andy berharap sistem kelistrikan di Sulut dapat lebih baik," jelasnya.
  Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Amurang untuk memperkuat sistem kelistrikan di Provinsi Sulawesi Utara. (1)
Dia menjelaskan rasio elektrifikasi di Sulawesi Utara sampai dengan Juni 2018 telah mencapai 96,45 persen.

"Diharapkan tahun 2019 dapat mencapai 99 persen,? ujar Andy.

Selain melalui penambahan kapasitas di PLTU Amurang, upaya melistriki Sulut juga terus dilakukan dengan mengembangkan pilot project teknologi jaringan cerdas berupa pembangkit listrik tenaga hybrid yang dikembangkan di beberapa pulau kecil di Sulut seperti Bunaken, Papusungan, Manado Tua, Bangda Talise, Nain, Mantehage, dan Gangga.

Dengan daya mampu (nett) 13,89 persen dari dmp Sulutgo (14 september), mengalirkan energy listrik 15,336 persen dari pemakaian energi listrik Sulutgo per hari.

"Saya berharap agar proyek vital ini dijaga kemanannya dari berbagai gangguan," jelasnya.

Dia juga berharap tenaga kerja yang diserap dalam proyek ini adalah tenaga kerja lokal sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Minahasa Selatan.

Dalam peresmian ini hadir pula Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, anggota komisi VII DPR RI, Direksi PT MegaDaya Tangguh dan perwakilan Direksi PT PLN (Persero).



(T.KR-NCY/B/A013/A013) 03-10-2018 14:02:35

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024