Manado, (Antaranews Sulut) - Masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bisa mendapatkan beras operasi pasar (OP) di sejumlah Rumah Pangan Kita (RPK) di daerah tersebut.

"Selain di sejumlah pasar tradisional dan beberapa pemukiman padat penduduk, Bulog juga menjual beras OP di ratusan RPK," kata Kepala perum Bulog Divre Sulut, Ermin Tora di Manado, kamis.

Dalam kegiatan OP kali ini, Bulog menjual beras dengan merek Beras Kita 5Kg seharga Rp10.800/Kg.

Beras medium kemasan 5 Kg seharga Rp9.450/Kg, gula Pasir seharga Rp12.500 per Kg, minyak goreng Kita Premium seharga Rp12.500/Kg, tepung terigu Serbaguna Rp8.000/Kg, telur Rp46.000/baki dan daging kerbau Rp80 ribu per Kg sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Bulog, katanya, akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dan memastikan harga kebutuhan pokok tetap terkendali.

Ermin mengatakan, di Sulut dan Gorontalo yang menjadi wilayah kerjanya, telah ada ratusan RPK dan diharapkan mampu memenuhi permintaan akan kebutuhan pokok masyarakat.

Ia menjelaskan pihaknya menargetkan setiap desa memiliki minimal satu RPK.

"Sehingga, kami terus mencari mitra RPK untuk penjualan kebutuhan pokok masyarakat yang murah dan terjangkau," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin berusaha, bisa membuka RPK, syarat yang diperlukan adalah fotokopi KTP, KK, dan rekomendasi dari RT/RW serta Kepala Desa (untuk kedai/toko).

Selain itu, pendaftar juga harus sudah memiliki lahan atau tempat usaha/outlet.

Sedangkan untuk mereka yang tercatat sebagai koperasi, Ormas, atau perusahaan, harus menyertakan SIUP, NPWP, dan keterangan domisili.

RPK diperuntukan bagi perseorangan, kedai atau toko, serta koperasi, ormas, atau perusahaan. Selanjutnya, persyaratan tersebut dibawa ke pelayanan RPK yang berada di kantor Bulog setempat.



Alex Sariwating

(T.KR-NCY/B/L005/L005) 20-09-2018 15:31:45

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024