Manado, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) segera mengusulkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Pratama menjadi rumah sakit tipe D.

"Kendati pelayanannya masih bersifat tipe D Pratama, kita sementara berupaya dan sudah berproses menjadi rumah sakit tipe D, ini berarti pelayanannya hampir sama dengan rumah sakit tipe C," sebut Kepala Dinas Kesehatan dr Deesje Liuw M Biomed di Tomohon, Jumat.

Dia mengatakan, proses peralihan dari tipe D Pratama menjadi tipe D saat ini tinggal menunggu izin operasionalnya.

"Peningkatan status rumah sakit ini sudah pasti akan diberangie dengan penambahan fasilitas," ujarnya.

Direktur RSUD Pratama Anugerah Jerry Bororing mengatakan, pelayanan di rumah sakit ini masih melayani pasien BPJS dan pasien umum, bahkan selama bulan Agustus menyediakan pelayanan kesehatan secara gratis.

Lebih dari 2.000 pasien rawat jalan dan 100-an pasien rawat inap telah memeriksakan status kesehatannya di rumah sakit yang belum lama dioperasikan itu.

Dia optimistis, perkembangan dan kemajuan fasilitas kesehatan ini dipastikan akan lebih baik lagi ke depan dan itu dibuktikan dengan penambahan fasilitas untuk pelayanan kelas dua.

Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc mengatakan pemerintah kota terus berupaya menunjang sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Pembangunan rumah sakit ini merupakan upaya meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat," ujarnya.





(T.K011/B/G004/B/G004) 14-09-2018 23:45:33

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024