Manado, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung mengajak umat Muslim dan masyarakat menjadikan semangat momentum Tahun Baru Islam 1440 Hijriah untuk lebih memperkuat persatuan di daerah tersebut.

"Tepat hari ini umat Islam memasuki tahun baru dalam kalender Islam yaitu 1 Muharram 1440 Hijriah," kata Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban bersama Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Manado, Selasa.

Dia mengatakan soal pentingnya persatuan umat dan bangsa dalam meniti kehidupan di tahun baru.

"Lupakan perbedaan, temukan persamaan. Bersatu menjadi Ummat yang unggul, berdaya saing dan sejahtera. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1440 Hijriah," ucapnya.

Ucapan juga disampaikan Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, "Selamat Tahun Baru Hijriah 1440 H untuk umat kaum muslimin di manapun berada. Semangat tahun baru kita jadikan momentum untuk memperkuat persatuan," ucapnya.

Seperti diketahui bersama, tahun baru Islam merujuk pada kalender Hijriah yaitu kalender yang digunakan oleh umat Islam.

Kalender ini juga digunakan untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya.?

Tahun Baru Islam adalah salah satu hari penting bagi Umat Islam yang diperingati sebagai perayaan kedatangan tahun baru dari penanggalan Islam. Di Indonesia, Tahun Baru Islam dikenal dengan nama Muharram.

Hari libur nasional ini juga dilakukan untuk memperingati kepindahan Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah. Nabi Muhammad merupakan penyebar agama Islam yang kembali ke Mekah setelah mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia.

Ketika Nabi Muhammad berusaha menyebarkan ajaran Tuhan di kota Mekah, Muhammad dan para pengikutnya dijauhi oleh kelompok musyrik yang kafir. Ketegangan antara Umat Muslim dan kaum musyrik kafir kemudian semakin meningkat. Muhammad dan para pengikutnya dipaksa untuk meninggalkan kota Mekah ke Madinah. Peristiwa ini dikenal dengan istilah Hijrah. Hijrah merupakan sebuah simbol yang melambangkan permulaan Islam dan penanggalannya.

Di Indonesia, banyak sekali tradisi yang dilakukan orang Indonesia untuk merayakan Tahun Baru Islam. Beberapa dari tradisi ini tidak dapat ditemukan ditempat lainnya, selain di Indonesia.



(T.KR-NCY/C/I006/I006) 11-09-2018 15:38:00

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024