Manado, 31/8 (Antara) - PT Bank Negara Indonesia Persero (BNI) mendukung pelaksanaan kegiatan Manado Fiesta 2018 di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), 31 Agustus hingga 9 September.

"Dari kalangan perbankan khususnya BNI sangat mendukung kegiatan Manado Fiesta karena akan menjadikan Sulut dan Manado khususnya sebagai destinasi wisata," kata CEO BNI Manado Haris Agus Handoko di Manado, Jumat.

Dia menjelaskan Sulut telah memiliki Bunaken dan juga berbagai objek wisata dengan keindahan alam, namun perlu juga didukung dengan berbagai acara yang dikemas menarik untuk melengkapi pengalaman yang luar biasa bagi wisatawan selama berlibur di Manado.

"Manado Fiesta ke depan diharapkan menjadi acara wisata tahunan tetap di Manado sebagaimana Tomohon International Flower Festival atau TIFF di Tomohon sehingga nantinya menjadi acara wajib bagi peminat wisata lokal maupun mancanegara," jelasnya. MANADO FIESTA 2018 Parade perahu hias melintas pada pembukaan Manado Fiesta 2018 di Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (31/8). Beragam atraksi kesenian, kirab budaya, pawai perahu dan kendaraan hias ditampilkan pada kegiatan tahunan bertaraf internasional tersebut, yang bertujuan menunjang pariwisata kota Manado dan Sulawesi Utara. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/18. (ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)
Manado Fiesta merupakan festival yang menampilkan berbagai acara hiburan di seluruh kota yang kaya dengan daerah tujuan wisata bahari itu.

Selanjutnya, kata Haris, Manado juga bisa menjadi kota tujuan MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition).

MICE, katanya, sebagai salah satu subsektor dari industri perjalanan dan pariwisata, didasari oleh pergeseran wisata konvensional ke arah wisata minat khusus (special interest tourism).

Aktivitas wisata yang berbasiskan alam, event wisata yang menarik seperti TIFF dan Manado Fiesta serta sebagai pusat MICE akan menjadi peluang besar untuk mendulang devisa dari industri pariwisata dan menghasilkan efek pengganda.

Dia menjelaskan sektor pariwisata akan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian bersama.

"Pariwisata sebagai suatu industri di masa depan diramalkan akan memiliki pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi sendiri," jelasnya.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan acara tahunan itu membawa brand pariwisata Manado-Diversity in Harmony.

Dengan rangkaian kegiatan yakni Opening Ceremony and Fisco (fish and coral) Carnival 31 Agustus 2018, Flying-Paragliding Competition dan Festival Layang-layang 1-3 September, Fashion-Manado Fashion Festival 1-4 Sepetember, Fair-Tourism, Diving, Trade, Investment, Decorate Plants, Art and Photography Expo 5-8 September.

Kemudian, Food-Manado Culinary Fest 7-8 September, Faith-Religious Festival 3-9 September, Fun-Tastic-Fun Activities and Music Events 28 Agustus-9 September.

Penutupan Manado Fiesta 2018 akan dilakukan dengan Thanksgiving di seluruh Kota Manado pada 9 September.



(T.KR-NCY/B/A039/A039) 31-08-2018 15:17:37

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024