Manado, (Antaranews Sulut) - Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) Jeffry Dendeng mengatakan infrastruktur penukaran kartu sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sudah siap melayani nasabah di daerah tersebut.

"Kami sudah sangat siap dan ditahap awal kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang selama ini menjadi nasabah Bank SulutGo," kata Jeffry di Manado, Senin.

Jeffry mengatakan untuk tahap awal, sampai akhir tahun Bank SulutGo menyediakan kartu GPN sebanyak 60 ribu.
  Direktur Operasional Bank SulutGo Welan Palilingan (1)
Direktur Operasional Bank SulutGo Welan Palilingan mengatakan saat ini kartu debit yang aktif sebanyak 300 ribu dari jumlah nasabah bank Sulut sekitar 450 ribu.

"Kami akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi agar nasabah menukarkan kartu debit dengan yang berlogo GPN," jelasnya.

Dia menjelaskan kartu dengan logo GPN memberikan manfaat lebih pada nasabah yakni, kartu dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena telah dilengkapi fitur keamanan yang terstandardisasi.

Kemudian, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh toko dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR) atau penetapan tarif kepada pedagang oleh bank. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi. Dan, biaya administasi lebih murah karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri sehingga lebih efisien.

Selain itu, seluruh kartu berlogo GPN juga telah menggunakan teknologi chip yang lebih aman dari kejahatan perbankan, seperti skimming.

Penukaran kartu debit berlogo GPN bisa langsung di semua kantor cabang di Sulut, Gorontalo maupun di Jakarta, Surabaya dan Malang.



(T.KR-NCY/C/M028/M028) 20-08-2018 13:54:18

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024