Tahuna Sulut, 17/8 (Antara) - Memperingati HUT RI ke-73, sejumlah masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara menerima bantuan dari PLN dan PT Permodalan Nasional Mandiri (Persero)/PNM melalui program BUMN Hadir untuk negeri.

"Bantuan untuk masyarakat yang ada di wilayah Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berbatasan langsung dengan Filipina hari ini sudah kami salurkan,"

Penyerahan bantuan untuk masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe (1) Penyerahan bantuan untuk masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe (1) Penyerahan bantuan untuk masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe (1)

kata Direktur Capital Managemen PLN Muhamad Ali di Tahuna, Jumat

Menurut dia, Kehadiran PLN di Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berbatasan langsung dengan negara  tetangga, Filipina, diharapkan menjadi pendorong  pengembangan ekonomi di daerah 3T.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali menerangkan, perlunya peran BUMN untuk membangun wilayah-wilayah di Indonesia dalam rangka menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

PLN dan PT PNM telah menyiapkan dana sebesar  Rp4.720.250.000. untuk membantu masyarakat yang kurang mampu serta demi perbaikan dan penyediaan sarana dan prasarana sekolah.

Dia mengatakan, bantuan ini juga diperuntukan untuk menunjang pendidikan bagi 30 pelajar ada di SD/SMP dan SMA yang orang tuanya berpenghasilan rendah.

Khusus untuk keluarga yang kurang mampu dan belum memiliki jaringan listrik sendiri, PLN telah menyiapkan pemasangan jaringan listrik gratis untuk 100 rumah.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menyampaikan terima kasih kepada PLN dan PT PNM melalui BUMN Hadir untuk Negeri yang peduli terhadap masyarakat di wilayah terluar, tertinggaldan terdepan khususnya Kabupaten kepulauan Sangihe.

Dia berharap bantuan yang diberikan lebih memotivasi masyarakat untuk terus berjuang meningkatkan taraf hidup keluarga.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari: Program Siswa Mengenal Nusantara dengan total bantuan Rp690.250.000,- (sinergi dengan PNM Rp38.750.000,-)  Bantuan pembangunan sarana MCK untuk 100 pintu dengan total bantuan Rp1 miliar.  Bantuan elektrifikasi 100 rumah dengan total anggaran Rp200 juta, Bantuan penyediaan sarana air bersih di empat titik dengan total bantuan Rp400 juta. Renovasi 10 rumah untuk karyawan dengan kategori berpenghasilan rendah total anggaran Rp500 juta, Perbaikan dan penyediaan sarana prasarana Sekolah Dasar dengan anggaran Rp200 juta, Bantuan Taman Baca dua unit Rp160 juta, Bantuan pendidikan untuk 30 pelajar SD/SMP/SMA Rp150 juta, Bantuan pasar murah 1.200 paket sembako (@Rp200.0000) total bantuan Rp240 juta, bantuan Padat karya tunai bagi 600 orang total Rp620 juta, Pembangunan sarana dan prasarana umum berupa Taman dan Gapura di Pelabuhan Tua Tahuna Rp200 juta, Bantuan Bantuan untuk tempat ibadah (Masjid An-Ni’ma) di Kampung Naha Tabukan Utara Rp325 juta, Bantuan CSR oleh PNM berupa pelatihan pemberdayaan masyarakat untuk 40 warga sebesar Rp60 juta.***4***


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024