Manado, 11/8 (Antaranews Sulut) - PT Permodalan Nasional Manadi (PNM) Cabang Manado mengedukasi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 akan jasa keuangan.

"PNM merupakan salah satu jasa keuangan non bank yang merupakan milik pemerintah," kata Kepala PT PNM Cabang Manado Alfian Langkamane di Manado, Sulawesi Utara, Senin.

Dia mengatakan walaupun masih duduk di bangku sekolah tingkat atas harus mengetahui akan layanan jasa keuangan baik bank maupun nonbank.

Ia menjelaskan PNM adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 1 Juni 1999 dan bertujuan membantu pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi.

"Tapi, kami hanya khusus bagi UMKM saja," jelasnya.

Selain memberikan pinjaman pada UMKM, PNM akan ikut ambil bagian dalam memberikan pelatihan, pendampingan sehingga UMKM ini bisa naik kelas.

Dia menjelaskan solusi non finansial yang diberikan PNM kepada para pelaku UMKM telah memberikan positioning yang unik bagi PNM dalam industri pembiayaan di Indonesia.

Solusi non finansial berupa peningkatan kapasitas (capacity building) kewirausahaan para pelaku usaha mampu menjaga tingkat pengembalian penyaluran modal pada tingkat yang diharapkan.

Selain itu, solusi ini juga membuat para pelaku UMKMK dapat memperoleh manfaat maksimal dari bantuan permodalan yang diterimanya.

Sehingga, visi PNM menjadi lembaga pembiayaan terkemuka dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKM).

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024