Manado, 10/8 (Antaranews Sulut) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Nusa Tenggara Timur (NTT), bersyukur dapat mengikuti latihan Bela Negara yang dilaksanakan Kodam XIII Merdeka, dalam program Badan Usaha Milik Negara Hadir Untuk Negeri (BHUN).

    Elffridus  Bria salah seorang peserta, di Manado, Jumat, mengatakan melalui kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, memperoleh wawasan tentang kebangsaan serta perthanan dan ketahanan.

     "Bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini," katanya dipenutupan Latihan Bela Negara di Batalyon Infanteri Raider 712 Wiratama Manado.

     Ia mengatakan, selain itu selama dalam pelatihan ini, juga mendapatkan pengetahuan tentang peraturan baris berbaris.

     "Terima kasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan, sehingga bisa mengikuti  dan mendapatkan berbagai pengetahuan bela negara," katanya.

     Elfadus peserta lainnya mengatakan selama pelaksanaan latihan ini, mendapatkan wawasan dan pemahanan tentang kebangsaan.

     "Dengan kegiatan ini membuat semakin lebih mencintai Indonesia," katanya.

     Ia menambahkan selain dalam pelaksanaan latihan itu, bisa mengunjungi Kompi klaveleri Panser 10/MCS Kodam XIII Meredeka dan melihat langsung Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI seperti berbagai jenis panser maupun senjata.

     "Senang sekali mengikuiti kegiatan ini, terima kasih BUMN," katanya.

     Latihan Bela Negara  SMN dalam program BUHN melalui PT PLN (Persero) Wilayah Suluhtenggo dengan PT PNM bekerja sama dengan Kodam XIII Merdeka, diikuti sebanyak 25 pelajar SMA, SMK dan SLB dari 22 kabupaten dan kota di NTT.

     Selama dua hari dari 9-10 Agustus 2018, latihan yang dilaksanakan di Balayon Infanteri Raider 712 Wiratama tersebut  peserta  mendapat pembekalan tentang bela negara, menanamkan disiplin, latihan PBB, malam renungan dan api unggun, kegiatan outbond serta .kunjungi Kompi Kaveleri Kompi Kavaleri 10/MSC Kodam XIII Merdeka, selama latihan Bela Negara tersebut para peserta  mendapat pembekalan tentang bela negara, menanamkan disiplin, latihan PBB, malam renungan dan api unggun serta kegiatan outbond.

     Sementara selama  pelaksanaan SMN para peserta tersebut juga melakukan peninjauan ke PLTA Tonsea Lama, dan menyaksikan Tomohon Internasional Flower Festival.

     Peserta juga akan berkunjung ke rumah kreatif BUMN serta Cagar Alam Konservasi Tangkoko di Bitung. ***2***
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024