Manado, (Antaranews Sulut) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan program Badan Usaha Milik Negara Hadir Untuk Negeri (BHUN), menyatakan bangga atas alat utama sistem persenjataan atau alutsista ?dimilki TNI.

Kekaguman tersebut saat peserta SMN asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam program BHUN melalui PT PLN (Persero) Sulutenggo dan PT PNM melakukan kunjungan ke Kompi Kaveleri 10/MSC Kodam XIII Merdeka di Wori, Sulawesi Utara, Jumat.

Kunjungan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam latihan bela negara yang merupakan agenda kegiatan SMN, di Kodam XIII Merdeka.

Ardi Mardianus Bulu salah seorang peserta SNM mengatakan senang dengan kegiatan yang dikuti tersebut.

"Melalui kegiatan ini bisa melihat berbagai alutsista milik TNI," kata Ardi pelajar SMA Kristen Waikabuba Sumba Barat.

Ia menambahkan, sebelumnya belum pernah melihat langsung Alutsista seperti berbagai jenis panser serta senjata.

Ini merupakan pengalaman baru, bukan hanya melihat langsung, tetapi juga bisa menaiki Panser dan berjalan.

"Ini sangat menyenangkan. Saya bangga dengan TNI, dan mencintai TNI," kata Ardianus yang bercita-cita ingin menjadi prajurit TNI.

Mariana Wulandari pelajar SMA negeri dari Ende mengatakan kagum dengan TNI.

"TNI hebat, kagum dengan TNI," kata Mariana bersama Ellen salah seorang peserta SMN lainnya.

Pada kunjungan ke Kompi Kaveleri 10/MSC Wori, para pelajar dikenalkan berbagai jenis Panser milik TNI seperti Panser Anoa, Panser Saladin, Panser Peret dan Panser Tarantula.

Kemudian senjata jenis SS1, SS2, SS0 serta ditunjukan cara bongkar pasang senjata.

Latihan bela negara yang diikuti peserat SMN tersebut berlangsung selama dua hari, 9-10 Agustus 2018 di Yonif Raider 712 Wiratama, Manado.

Selain kunjungi Kompi Kaveleri Kompi Kavaleri 10/MSC Kodam XIII Merdeka, selama latihan Bela Negara tersebut para peserta ?mendapat pembekalan tentang bela negara, menanamkan disiplin, latihan PBB, malam renungan dan api unggun serta kegiatan outbond.

Sementara selama pelaksanaan SMN para peserta tersebut juga melakukan peninjauan ke PLTA Tonsea Lama, dan menyaksikan Tomohon Internasional Flower Festival.

Peserta juga akan berkunjung ke rumah kreatif BUMN serta Cagar Alam Konservasi Tangkoko di Bitung.

(J009).

(T.J009/B/S031/C/S031) 10-08-2018 13:43:52

Pewarta : Jorie MR Darondo

Copyright © ANTARA 2024