Manado, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Bitung Max Lomban mengajak warganya terus meningkatkan konsumsi ikan sebagai bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

"Guna mewujudkan hal tersebut, kami akan melakukan lomba masak ikan nusantara 2018, dalam rangkaian perayaan HUT ke-73 RI," kata Lomban di Manado, Jumat.

Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) yang dilaksanakan bersama Primarasa.co.id, portal resep Femina Group, dengan dukungan dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Ia mengatakan pihaknya akan mendorong masyarakat untuk lebih mengenal masakan berbahan utama ikan. Ikan dengan kandungan protein tinggi dianggap solusi bagi masalah gizi buruk (stunting) yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Dengan 70 persen wilayah perairan, Indonesia seharusnya memiliki budaya mengonsumsi ikan yang membuat tubuh sehat, kuat, dan pikiran cerdas. Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa peningkatan gizi menjadi sangat penting untuk menjawab kebutuhan generasi Indonesia yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kawasan maupun global.

"Konsumsi ikan kita masih rendah, padahal kita adalah negara maritim, hal ini perlu ditingkatkan dan dipromosikan salah satunya melalui kegiatan Lomba Masak Ikan Nusantara ini," jelasnya.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Bapak Presiden Joko Widodo yang dituangkan dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

(T.KR-NCY/C/I007/A029) 03-08-2018 18:31:31

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024