Bitung, (Antaranews Sulut) - Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri melakukan sosialisasi aplikasi "Qlue" di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.

"Qlue adalah aplikasi yang dapat digunakan warga untuk melaporkan peristiwa yang terjadi di Jakarta, seperti banjir, tindak kriminal, kebakaran, dan lain sebagainya," kata Mantiri, di Manado, Jumat.

Melalui aplikasi ini, kata Mantiri, laporan atau keluhan warga akan direspons oleh pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti.

Qlue merupakan bagian dari Program Jakarta Smart City (Kota Cerdas) yang diluncurkan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama pada 15 Desember 2015.

"Saya mengucapkan terima kasih atas inisiasi dari Diskominfo Bitung yang sudah berupaya menghadirkan aplikasi Qlue di Kota Bitung. Kita patut berbangga karena aplikasi yang sama sudah digunakan di kota-kota besar seperti Jakarta," ujar Mantiri.

Menurutnya, Qlue merupakan aplikasi yang dapat digunakan semua masyarakat untuk melaporkan peristiwa yang terjadi, seperti banjir, tindak kriminal, kebakaran, dan lain sebagainya.

"Melalui aplikasi ini, laporan atau keluhan warga akan direspons oleh pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti instansi terkait," katanya pula.

Mantiri berharap aplikasi ini akan menjadi salah satu faktor pendukung bagi Kota Bitung yang sedang membangun sistem manajemennya menuju Kota Cerdas atau Smart City.



Budisantoso Budiman

(T.KR-NCY/B/B014/B014) 03-08-2018 16:06:10

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024