Manado, 1/8 (Antaranews Sulut) - Pangdam XIII Merdeka Mayjen Tiopan Aritonang mengatakan pengalaman bertanding para atlet Kodam yang baru saja bertanding di Porad VIII, harus dibagikan kepada atlet-atlet yang lain.

"Karena merupakan pengalaman yang berharga untuk mengenal atmosfir pertandingan, kejuaraan di tingkat Angkatan Darat," kata Aritonang, di Manado, Rabu, saat menerima atlet Kodam XIII Merdeka yang baru kembali dari Pekan Olahraga TNI Angkatan Darat (Porad) VIII, di Magelang.

Ia menambahkan, semoga ke depan akan semakin banyak atlet Kodam XIII Merdeka yang berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ia mengatakan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada kontingen Porad atas segala daya dan upaya untuk mengharumkan nama Kodam XIII Merdeka.

Pada Porad ini, Tim Kodam XIII Merdeka berhasil memperoleh tiga medali emas, masing-masing pada cabang olahraga renang gaya dada 100 meter atas nama Letda Caj Roro, lari estafet 4 x 400 meter atas nama Sertu Muhtahan, Serda Maikel, Prada Muhammad dan Prada Jonjoi, serta karate kata perorangan putri atas nama Letda Chb Shinta Permatasari.

Selain mempersembahkan medali emas, Letda Caj Roro dan Sertu Muhtahan juga berhasil meraih medali perak, masing-masing di nomor renang gaya dada 50 meter dan lari 400 meter.

Kemudian satu lagi medali perunggu dipersembahkan Praka Usman di nomor karate kumite kelas 75 kg.

"Apapun hasil yang diraih, kita semua tetap menghargai upaya maksimal para atlet Porad Kodam XIII Merdeka. Dengan harapan bahwa pencapaian ini dapat dijadikan sebagai pelajaran yang berharga untuk lebih berprestasi lagi di masa mendatang dan dapat memotivasi para atlit Kodam XIII Merdeka lainnya untuk dapat berbicara di kejuaraan-kejuaraan yang akan diikuti nantinya," katanya.

 Komandan kontingen beserta segenap ofisiial dan pelatih, lanjut Pangdam, berterima kasih atas upaya yang telah dilakukan dengan sepenuh hati dan rasa tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik bagi Kodam XIII Merdeka.

 Namun demikian, tetap harus melakukan evaluasi secara keseluruhan, mulai dari manajemen pelatihan sampai dengan proses penyiapan keberangkatan dan hal-hal nonteknis lainnya.

Agar ke depan dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada sehingga dapat berkiprah secara optimal dan lebih baik lagi di setiap kejuaran yang diikuti oleh atlet-atlet Kodam XIII Merdeka.

 "Satu hal yang pasti, prestasi terbaik hanya dapat dicapai melalui latihan yang serius dan konsisten. Tidak ada yang instan untuk menjadi yang terbaik, semua harus melalui proses latihan yang terprogram, yakni bertahap, bertingkat dan berlanjut," kata Pangdam. (J009).

(T.J009/B/T013/C/T013) 01-08-2018 19:02:49

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024