Manado, (Antaranews Sulut) - Ketua Organisasi Kaderisasi dan Kelembagaan (OKK) HKTI Totok Sugiyarto berharap HKTI Sulawesi Utara memetakan produk pertanian unggulan yang tersebar di 15 kabupaten dan kota.

"Setelah struktur organisasi dilantik, segara dipetakan produk pertanian unggulan apa yang ada di daerah ini agar publik nasional bisa tahu," kata Sugiyarto di Manado, Senin.

Ada beberapa persoalan berkaitan dengan ptoduksi pertanian di antaranya kesulitan pupuk, bibit, pemasaran, HKTI akan ikut membantu pemerintah melalui dinas pertanian.

"HKTI fokus untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia," katanya.

Ketua terpilih Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulawesi Utara Syerly A Sompotan mengatakan, organisasinya akan bersinergi dengan program pemerintah provinsi dan 15 kabupaten/kota meningkatkan kesejahteraan petani.

"HKTI adalah mitra kerja pemerintah, salah satunya bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini," ujarnya.

Dia mengatakan, salah satu kunci meningkatkan kesejahteraan petani adalah memperkuat sektor pertanian yang setiap hari menjadi sumber hidup petani.

Bila sektor ini diperkuat, Wakil Wali Kota Tomohon itu optimistis kesejahteraan petani semakin meningkat.

"Kami berharap setelah penguatan kelembagaan akan ada langkah-langkah strategis yang implementatif bersentuhan langsung dengan peningkatan kesejahteraan petani," ujarnya.

Dirinya bersama dengan pengurus yang akan dibentuk, lanjut dia, akan memantau dari dekat suka duka petani yang ada di 15 kabupaten/kota, mendengar aspirasi kemudian dibahas mencari jalan keluarnya.

(K011).

(T.K011/B/I006/C/I006) 30-07-2018 19:36:42

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024