Manado, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan pihaknya terus meningkatkan penanaman pohon di hutan Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.

"Kali ini kami melakukan penanaman pohon di Hutan Kota, Kelurahan Danowudu, Kecamatan Ranowulu," katanya didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung yang juga sebagai Kepala Sekolah Lingkungan Bitung, Jumat.

Lomban mengatakan bahwa setiap orang harus mulai memperhatikan kelestarian alam karena kata dia kondisi bumi saat ini sudah sangat panas akibat berkurangnya hutan.

"Hutan harus mulai diperhatikan, selain fungsinya memproduksi Oksigen yang sangat dibutuhkan manusia, Keberadaan hutan memilki fungsi untuk mencegah erosi, penyimpan air tanah, dan menjaga suhu udara dari polusi," jelasnya.

Dia menjelaskan Kota Bitung sebagai Kota yang sangat diberkati Tuhan, memiliki 42,6 persen areal Hutan dari luas wilayah Kota Bitung, hal tersebut harus terus dikembangkan dengan menambah jumlah populasi pohon sehingga Kota Bitung dapat berkontribusi menyalurkan oksigen bagi daerah lain.

"Saya mengajak semua masyarakat Kota Bitung untuk mulai menanam pohon, 25 Pohon seumur Hidup hal tersebut sesuai dengan program Bapak Presiden RI lewat Instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mewajibkan kita menanam dan memelihara sekurang-kurangnya 25 pohon selama hidup. tetapi jika memungkinkan kita akan menanam lebih dari itu," jelasnya.

Dan, kali ini melakukan penanaman 50 Pohon Pakoba yang dilengkapi kartu yang berisi informasi lokasi penanaman pohon (titik koordinat), waktu penanaman, jenis tanaman, serta data orang yang menanam.

Sambil menunjukan Kartu tersebut Walikota Bitung menyampaikan bahwa semua informasi pohon nantinya dapat dimonitor lewat aplikasi android.



(T.KR-NCY/B/M019/M019) 27-07-2018 13:44:17

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024