Manado, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kota (pemkot) Bitung akan terus menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok untuk menekan angka inflasi di daerah agar tidak mengalami peningkatan.

"Hal ini dilakukan sehingga penghargaan yang diraih Kota Bitung sebagai TPID Berprestasi se-Sulawesi, akan berlanjut terus," kata Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bitung Jefri Wowiling di Manado, Jumat.

Dia mengatakan prestasi ini merupakan kebanggaan masyarakat Kota Bitung bukan hanya pemerintah saja, melainkan seluruh elemen masyarakat yang turut andil dalam menjaga kestabilan harga sembako khususnya cabai rawit, sehingga tetap stabil dan tidak mengalami peningkatan inflasi secara signifikan bahkan ketika perayaan hari-hari besar keagamaan.

Ke depan, katanya, prestasi ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan tentunya dengan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat, bahkan satke holder serta instansi terkait lainnya.

Kota Bitung kembali mengukir prestasi, kali ini kota Cakalang berhasil meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berprestasi se-Sulawesi Tahun 2018. yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Rakornas TPID merupakan kegiatan rapat tahunan yang diselenggarakan oleh Pokjanas TPID yakni Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, dan Bank Indonesia.

Penghargaan ini diberikan setelah tim TPIP melakukan evaluasi terhadap kinerja TPID kota Bitung tahun 2017 dinilai mampu mengendalikan inflasi dengan sejumlah kegiatan dan program yang dilakukan.

Penghargaan ini diberikan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Wali Kota Bitung yang diwakili oleh Asisten bidang perekonomian dan pembangunan setda kota Bitung Jefri Wowiling dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi IX Tahun 2018 di Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Tema yang diambil Rakornas TPID tahun ini yakni "Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkualitas" sangat tepat dan sesuai dengan kondisi perekonomian bangsa Indonesia saat ini yang semakin berkembang dan bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Seperti diketahui TPID terbaik kawasan Sulawesi diraih provinsi Sulawesi Utara, dan TPID berprestasi untuk kabupaten/kota se-Sulawesi diraih kota Bitung, sedangkan untuk TPID terbaik kabupaten/kota se-Sulawesi di raih kota Makassar.

(T.KR-NCY/B/I007/I007) 27-07-2018 13:18:02

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024