Manado, (Antaranews Sulut) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) mengapresiasi mekanisme Online Single Submission (OSS) akan diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Karena dengan mekanisme ini akan meringankan para pelaku usaha dan yang pasti akan mendorong perekonomian daerah," kata Wakil Ketua Kadin Sulut Ivanry Matu di Manado, Jumat.

Dia mengatakan dengan mekanisme OSS sangat membantu dalam hal efisiensi waktu, karena OSS adalah sistem jadi mengurangi kontak dengan manusia.

"Kita tahu bahwa sumber daya manusia (SDM) kadang menjadi salah satu kendala dalam proses," katanya.

Penerapan OSS harus serius, katanya, jangan hanya sekadar program, karena ini adalah produk peraturan pemerintah dan wajib dilaksanakan oleh semua lembaga terkait.

Kelemahan saat ini adalah, pemerintah kurang menyosialisasikan apa itu OSS, hal ini penting karena dalam implementasi nanti masyarakat yang akan menggunakan sistem, dan tidak semua orang paham akan sistem yang baru tersebut.

"Pemerintah perlu membentuk tim sosialisasi dengan melibatkan semua pihak," jelasnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan mekanisme kemudahan izin berusaha melalui OSS akan diluncurkan oleh pemerintah.

OSS adalah istilah lain dari pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Sesuai dengan namanya, OSS akan mempermudah proses perizinan dari yang telah diterapkan selama ini dan dapat dilakukan di mana saja karena sudah terhubung antara pusat dengan daerah.



(T.KR-NCY/B/M028/M028) 06-07-2018 15:27:25

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024