oleh Jorie M R Darondo



Manado, 15/6 (Antaranews Sulut) - Terminal Malalayang Manado, Sulawesi Utara, sepi penumpang bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) saat Idul Fitri 1439 H, dibandingkan dengan sehari sebelumnya atau H-1.

Kepala Terminal Malalayang Manado, BV Kalalo, di Manado, Jumat mengatakan tidak ada bus AKAP yang berangkat pada hari ini.

"Bus tujuan Gorontalo, Palu dan Makassar tidak ada yang berangkat," kata Kalalo.

Ia menambahkan kendati demikian terdapat sejumlah bus Damri yang beroperasi memberangkatkan penumpang untuk tujuan beberapa kota di Sulawesi Utara seperti Doloduo.

Sehari sebelumnya atau H-1 Idul Fitri, Terminal Malalayang Manado memberangkatkan sekitar 15 bus AKAP dengan 444 penumpang tujuan Gorontalo serta Palu dan Poso Sulawesi Tengah.

Dari jumlah tersebut umumnya penumpang mudik dengan tujuan ke Gorontalo yakni sebanyak 12 bus dengan 321 penumpang. Sisanya tujuan Palu dan Poso Sulawesi Tengah sebanyak tiga armada bus dengan sebanyak 143 penumpang.

Semantara bus Damri sebanyak 11 armada dengan mengangkut 254 penumpang yang tujuannya berbagai kota di Bolaang Mongondow Raya, Sulawesi Utara, seperti Doloduo, Dumagin, Labuang Uki, Pinolosian, Pangkusan dan Molobog.

Ia mengatakan untuk bus yang akan berangkat membawa penumpang diperiksa kelayakannya, begitu pula pemeriksaan dilakukan terhadap pengemudinya.

Hal itu penting untuk keamanan, keselamatan, kelancaran selama perjalanan mudik tersebut hingga sampai ke tempat tujuan.

Terminal Malalayang Manado juga melayani sejumlah bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan tujuan antara lain Amurang, Tumpaan, Motoling, Tompaso Baru, Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan.





(T.J009/B/M016/B/M016) 15-06-2018 18:39:45

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024