Manado,  (Antaranews Sulut) - Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, Sulut, Stanislaus Wetik mengatakan pihaknya menambah satu unit kapal laut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2018.

"Satu armada yang ditambah adalah KM Majestic Kawanua, yang melayani rute Manado-Siau, dan mulai berangkat Rabu ini pergi pulang," katanya di Manado, Rabu. KM Majestic Kawanua yang mengangkut penumpang ke Siau. (Jo) (1)

Dia mengatakan, meskipun ada penambahan armada, tetapi baru mengangkut penumpang menuju Siau.

Secara umum, kata Wetik, sampai H-2 Lebaran, jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Manado sebanyak 26.304 orang dengan rute tujuan Siau, Tagulandang, Biaro, Tahuna, Talaud, Ternate, Jailolo, dan Sanana.

Dia mengakui memang jumlah penumpang mudik Lebaran 2018 mengalami kenaikan, tetapi rata-rata para siswa dan mahasiswa yang liburan.

"Sebab, sampai sekarang berdasarkan pendataan yang kami lakukan, jumlah penumpang terbanyak adalah berangkat menuju ke Siau, Tahuna, dan Talaud," katanya.

Meski begitu, dia mengakui jumlah penumpang ke Ternate, Jailolo, dan Sanana juga bertambah, sehingga pelayanan tetap dimaksimalkan di Posko Pemantauan dan Pengendalian Angkutan Lebaran 2018.

Wetik menegaskan meskipun jumlah penumpang meningkat, tetapi pelayanan tetap maksimal dan keamanan serta kenyamanan di area pelabuhan tetap dijaga bahkan terus ditingkatkan.

(T.KR-JHB/B/K007/K007) 13-06-2018 20:51:19

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024