oleh Jorie M R Darondo

Manado, 11/9 (Antaranews Sulut) - Terminal Malalayang Manado, Sulawesi Utara memberangkatkan penumpang mudik tujuan berbagai kota di Provinsi Gorontalo sebanyak sepuluh bus.

"Jumlah penumpang yang berangkat hari ini ke Gorontalo sebanyak 270 orang menggunakan sepuluh armada," kata Kepala Terminal Malalayang BV Kalalo, di Manado, Senin.

Ia menambahkan dibandingkan Minggu (10/6) jumlah bus yang berangkat ke Gorontalo, tidak mengalami kenaikan.

"Kemarin jumlah bus yang berangkat juga sebanyak sepuluh buah. Diprediksi kenaikan penumpang bakal terjadi pada H-3, hingga H-1 Idul Fitri," katanya.

Selain ke Gorontalo, kata Kalalo, terminal tersebut juga melayani penumpang yang berangkat tujuan Palu dan Poso, Sulawesi Tengah.

"Hari ini terdapat dua bus yang berangkat ke Palu dan Poso dengan sebanyak 80 penumpang," katanya.

Ia mengatakan pihaknya memberikan perhatian bagi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang mudik.

Untuk itu setiap bus yang diberangkat diperiksa kelayakannya oleh Balai Perhubungan Transportasi Darat dan Penguji Kendaraan Bermotor.

Selain itu sopir bus diperiksa kondisi kesehatannya oleh Dinas Kesehatan.

"Jika dalam pemeriksaan tersebut didapati ada kendaraan tidak layak berangkat, tidak diberangkatkan. Begitu juga jika pengendara tidak sehat, tidak dijinkan untuk berangkat," katanya.

Namun, lanjut Kalalo, sampai saat ini dari pemeriksaan dilakukan belum ditemukan adanya tidak layak kendaraan ataupun pengendara.





(T.J009/B/A029/A029) 11-06-2018 19:11:15

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024