Graz, Austria (AntaranewsSulut) - Serbia mendapat suntikan moral menjelang dimulainya kompetisi Piala Dunia setelah striker Aleksandar Mitrovic mencetak trigol saat mereka menekuk Bolivia dengan skor 5-1 dalam pertandingan persahabatan, Sabtu.

Pemain depan Adem Ljajic dan bek Branislav Ivanovic juga memenuhi harapan saat Serbia menjaringkan empat gol mereka pada babak pertama atas tim Bolivia yang gagal lolos ke turnamen pada 14 Juni hingga 15 Juli di Rusia tersebut, lapor Reuters.

Tersengat kekalahan telak 1-0 melawan Chili pada Minggu, pelatih Serbia Mladen Krstajic beralih ke formasi 4-2-3-1 dengan Ljajic bermain di belakang Mitrovic dan gelandang tengah Sergej Milinkovic-Savic mendapat peran yang lebih dalam.

Perubahan komposisi pemain ini menunjukkan hasil di babak pembukaan ketika Mitrovic membawa Serbia unggul awal dan membuatnya 3-0 dengan penyelesaian apik Ljajic pada gol kedua dengan melepas tembakan dari jarak 13 meter.

Ivanovic, yang menyamai rekor mantan pemain tengah Dejan Stankovic dengan 103 penampilan internasional, melakukan tendangan voli untuk gol keempat sesaat sebelum turun minum setelah Mitrovic melihatnya tanpa pengawalan dan mengumpannya melintasi kotak penalti dengan jarak enam yard.

Para pemain Serbia sempat mengendurkan serangan di awal babak kedua dan Bolivia dengan cepat mengambil keuntungan saat Jhasmani Campos menusuk bola melewati kiper Vladimir Stojkovic setelah ia berlari sendirian di menit ke-48.

Kiper Bolivia Guillermo Viscarra menangkis dua tembakan tajam dari Dusan Tadic, tetapi dia tidak berdaya ketika striker Newcastle United Mitrovic melepaskan tembakan yang cantik dari jarak 20 meter dan tidak terjangkau penjaga gawang tersebut.

Pemain sayap Filip Kostic kehilangan dua peluang bagus untuk menambah jumlah gol Serbia saat mereka menaikkan tempo di babak penutup, di tengah-tengah dukungan beberapa ratus penggemar yang bergairah di Graz.

Penampilan baik Serbia ini kemungkinan akan menempatkan Krstajic dengan dilema pemilihan pemainnya menjelang pertandingan pembuka Grup E mereka melawan Kosta Rika pada 17 Juni, karena Milinkovic-Savic saat ini lebih disukai Luka Milivojevic untuk lini tengah.

Bek tengah Nikola Milenkovic, yang hanya memenang di penampilan ketiganya, juga tampaknya akan mendapatkan tempat di depan para pemain yang lebih berpengalaman setelah ia menunjukkan penampilan yang solid.

Di putaran grup Piala Dunia, Serbia akan menghadapi Swiss pada 22 Juni dan Brazil lima hari kemudian.

Pewarta : Antaranews.com
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024