Bolaang Mongondow, (Antaranews Sulut) - Kabupaten Bolaang Mongondow di Provinsi Sulawesi Utara akan segera memiliki bandara menyusul tersedianya anggaran untuk pembangunannya.

"Pemerintah pusat mengalokasikan dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tahun 2018 sebesar Rp16,5 miliar untuk memulai pembangunan bandara Bolaang Mongondow," kata Kepala Dinas Perhubungan Bolmong Ashari Sugeha melalui Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Dinas Perhubungan Zulfadli Binol di Bolaang Mongondow, Jumat.

Proyek ini terdiri pembangunan landasan pesawat dengan panjang 1.400 meter dan lebar 30 meter.

Ia mengatakan pembangunan landasan sudah dimulai sejak 2 Mei 2018, untuk sementara pemenang proyek sudah melakukan pengukuran landasan.

"Total dana pembangunan bandara Bolmong sampai selesai sekitar Rp325 miliar dan ditargetkan rampung dalam tiga tahun ke depan," katanya.

Ia mengatakan untuk anggaran pembangunan bandara ini dilakukan secara bertahap atau multiyear, mulai tahun ini dengan turunnya alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

"Ini semua berkat lobi dari pemerintah daerah khususnya Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, sampai bandara di Bolmong mulai dibangun," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk nama bandara masih menunggu petunjuk bupati, sebab masih akan dibahas dengan lintas tokoh masyarakat, DPRD dan akademisi.

"Proses penamaan bandara sangat panjang, sebab usai disetujui nama bandaranya masih akan dibuat peraturan daerah, kemudian menunggu rekom dari gubernur sampai pada keputusan menteri perhubungan," terangnya.

(T.KR-MDY/B/G004/G004) 01-06-2018 21:33:06

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh

Copyright © ANTARA 2024