Manado, (Antaranews Sulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, bulan ramadhan adalah momentum merekatkan kerukunan antarumat beragama di provinsi berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa itu.
"Mari kita terus menjaga kerukunan, harmonisasi antarumat beragama. Karakter ini sudah terbangun sejak lama," ajak Gubernur Olly di Manado, Jumat. 
Pemerintah Provinsi Sulut sepekan ini telah melaksanakan safari ramadhan di sejumlah daerah seperti Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Minahasa.
Safari ramadhan yang digelar ini, menurut Gubernur tidak hanya seremoni semata tetapi wadah untuk merekatkan antarumat beragama.      Saat berbuka puasa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Gubernur mengajak seluruh masyarakat selalu beryukur kepada Tuhan karena bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar. 
Masyarakat harus bangga karena merupakan bagian dari Sulut yang merupakan provinsi dengan tingkat kerukunan tinggi, hal ini menjadi contoh bagi daerah lain.
 "Sulut harus terus damai dan tenteram," ujarnya.
Pemerintah selalu mendukung segala bentuk pembangunan terutama pembangunan rumah ibadah dan iman masyarakat, akan terus membantu semua kebutuhan dengan birokrasi yang benar.
Jika iman masyarakat dan pemerintah baik, pasti semua yang dikerjakan berjalan dan memiliki hasil baik. 
Gubernur Olly mengajak masyarakat mendukung terus pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla karena tetap mementingkan kepentigan masyarakat di desa.    
"Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat terus akan membantu pengembangan daerah. Dukung perbaikan gizi bagi anak usia 0-12 tahun sehingga nantinya SDM Sulut ke depan menjadi lebih berkualitas," ujarnya.
  Wakil Gubernur Steven Kandouw menyerahkan bantuan saat safari ramadhan di Kabupaten Kepulauan Sitaro (1)
Pada kesemptan tersebut Gubernur memberikan bantuan kepada masyarakat berupa Sajadah dan kitab suci Alquran serta biskuit MP Asi.
Di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Wakil Gubernur Steven Kandouw didampingi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Dr Devi Kandouw-Tanos bersilaturahmi dengan jamaah Masjid Al-Jihad Ulu Siau di Kompleks Perkampungan Islam Ulu Siau. 
 Di sana Wagub menyerahkan bantuan Alquran, obat-obatan dan bahan makanan kepada Jamaah Masjid Al-Jihad Ulu Siau.
"Momentum Ramadhan ini menjadi sarana instropeksi diri kita dalam kehidupan setahun berjalan ini apakah sudah menjadi rahmat dan berkat bagi orang lain, saudara keluarga, agama, masyarakat serta bangsa dan negara?" katanya.
Wagub mengatakan, maha besar ajaran dari Nabi Muhammad SAW yang jikalau diamalkan dan dijalani dengan baik dan benar dipastikan kehidupan di dunia aman, damai, dan tentram dan sentosa.
"Sebagai umat yang baik, ukhuwah keislaman persaudaraan di Kepulauan Sitaro itu harus betul-betul dijaga terutama di Ulu Siau. Di sisi lain juga persaudaraan kebangsaan atau Ukhuwah Wataniyah, dimana keduanya harus jalan bersama antara muslim dan saudara sekebangsaan. Jika kita jalani dengan baik rasa-rasanya surga itu sudah pindah ke Sulut, di Siau Tagulandang Biaro terutama Ulu Siau," ujarnya.***advetorial***

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024