Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara(Sulut) akan membantu siswa sekolah yang saat ini aktif mengembangkan kesenian tradisional.

"Kami dari Pemkab bakal melanjutkan program pemberian bantuan bagi siswa yang secara aktif terlibat dalam kelompok kesenian tradisional seperti musik bambu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara Robby Ngongoloy di Ratahan, Rabu.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan ini, pemberian bantuan tersebut dirasa perlu karena bagian dari pelestarian budaya yang sudah mulai tergeser oleh kemajuan zaman.

"Anak-anak ini nanti yang akan menjadi penerus warisan budaya. khususnya dalam musik bambu," katanya.

Lebih lanjut, kata Robby partisipasi anak-anak di Minahasa Tenggara untuk ikut dalam kelompok musik bambu tersebut sangat tinggi.

"Makanya kami berharap dengan keikutsertaan para anak-anak dalam kelompok musik bambu ini akan semakin meningkat dari tahun ke tahun," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan beasiswa ini juga akan memotivasi anak-anak yang umumnya masih sekolah, agar menjadi semangat untuk mempertahankan musik tradisional ini.

"Kami terus berupaya agar kesenian tradisional di daerah dapat dilestarikan dan dipertahankan," tandasnya.

(T.KR-AIK/B/G004/G004) 24-05-2018 07:57:40

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024