Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, berencana menyiapkan pemukiman penduduk Kalatin di Kecamatan Ratahan menjadi desa wisata.

"Kami berencana membuat desa yang berada di bawah kaki Gunung Manimporok tersebut sebagai desa wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Minahasa Tenggara Desthen Katiandagho di Ratahan, Sabtu.

Menurut Desthen untuk penetapan kawasan desa tersebut perlu dukungan dari seluruh masyarakat yang ada di Ratahan.

"Kawasan pemukiman Kalatin ini akan kami tata, makanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat termasuk para tokoh-tokoh masyarakat," katanya.

Dia menuturkan telah menjadi kewajiban pemerintah kabupaten untuk melakukan penataan di kawasan pemukiman tersebut, dikarenakan warga di Kalatin merupakan bagian dari masyarakat Minahasa Tenggara.

"Penataan ini tentunya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Minahasa Tenggara. Dan pastinya akan kami tata dengan baik," jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Desthen nantinya untuk melanjutkan penataan dikawasan Kalatin akan ada sejumlah kesepakatan bersama dengan warga Ratahan.

"Kami akan membuat kesepakatan dengan warga, tapi memang hal ini akan dilakukan secara bertahap," tandasnya.

(T.KR-AIK/B/G004/G004) 12-05-2018 08:08:22

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024