Manado,  (Antaranews sulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Jumat, mendeklarasikan masyarakat digital cerdas anti hoax, dalam peringatan dua tahun kepemimpinan Wali Kota Vicky Lumentut dan wakil wali kota Mor Bastiaan.

"Kami mendeklarasikan empat hal utama, sebagai bentuk pernyataan sikap pemerintah dan masyarakat Manado, untuk mendukung gerakan anti hoax dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Lapangan Sparta Tikala, Manado, Jumat.

Dia menyebutkan keempat deklarasi tersebut, pertama pemerintah dan masyarakat Kota Manado menjaga keutuhan dan stabilitas negara kesatuan Republik Indonesia demi kokoh dan tegaknya pancasila, UUD 1945 dan bhineka tunggal ika, dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi diera digital.

"Kedua bersama-sama pemuka agama, adat, tokoh pemuda, masyarakat, perempuan, mahasiswa dan pelajar membangun masyarakat cerdas berdigital guna mengatasi ancaman dan potensi disintegrasi bangsa," katanya.

Ketiga mendukung penuh upaya pemerintah Republik Indonesia melalui aparat penegak hukum memberantas kejahatan siber.

"Keempat mengajak seluruh komponen masyarakat memanfaatkan media sosial secera positif, produktif, cerdas dan mengedukasi masyarakat, dengan menyampaikan informasi secara benar, akurat dan terpercaya," katanya.

Lumentut mengatakan, setelah menyampaikan deklarasi, wali kota, wakil, ketua DPRD serta jajaran forum komunikasi pimpinan daerah, dan tokoh pemuda serta agama, menandatangani deklarasi tersebut.

Dia mengatakan, dengan deklarasi tersebut, maka seluruh masyarakat Manado juga sadar untuk ikut melaksanakan hal tersebut, sehingga sama-sama bisa tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara.



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 11-05-2018 18:13:33

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024