Manado,  (Antaranews sulut) - Wakil Wali (Wawali) Kota Manado, Mor Bastiaan, SE, mengatakan pemerintah kota akan segera menyalurkan beasiswa bagi 602 mahasiswa miskin berprestasi.

"Beasiswa bagi para mahasiswa miskin merupakan program dan janji kampanye, mulai dilaksanakan tahun ini, karena tak terlaksana tahun lalu," kata Mor Bastiaan, dalam dialog dengan media massa, di Manado.

Bastiaan mengatakan, beasiswa bagi mahasiswa miskin itu dibagi dalam tiga kategori, untuk S1, S2 dan S3 dengan jumlah diterima berbeda.

"Untuk mahasiswa S1 yang akan menerima beasiswa sebanyak 504 orang, kemudian S2 ada 87 orang dan S3 ada 11 orang, mengikuti jumlah lingkungan, kelurahan dan kecamatan," kata Bastiaan.

Dia mengatakan, untuk melaksanakan program tersebut, pemerintah kota melalui dinas pendidikan dan kebudayaan, menganggarkan dana sekitar Rp5 miliar untuk setahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Deasy Lumowa, mengatakan, untuk melaksanakan program beasiswa bagi mahasiswa miskin tersebut, pihaknya melakukan seleksi ketat.

"Karena yang kami cari adalah mahasiswa miskin tetapi memiliki kemampuan intelektual tinggi, serta berprestasi sehingga harus benar-benar disaring terbaik dari yang baik," katanya.

Lumowa mengatakan, sebagai program yang merupakan janji politik kampanye maka akan dilaksanakan apalagi bertujuan untuk membantu dan mencerdaskan anak bangsa.

Dia mengatakan, mulai menyeleksi calon penerima beasiswa pada tahun ini, mulai dari S1 sampai S3 dengan kriteria yang sesuai, agar juga tidak menjadi temuan BPK atau berdampak hukum.





(T.KR-JHB/B/G004/G004) 08-05-2018 18:18:25

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024