Manado, (Antaranews Sulut) - Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulawesi Utara akan membentuk tim sinergi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya dari Tiongkok.

"Wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok yang membanjiri Kota Manado saat ini, harus dimanfaatkan dengan baik oleh sektor UMKM," kata Wakil Ketua Kadin Sulut Ivanry Matu di Manado, Rabu.

Ivanry mengatakan, pemerintah menargetkan tiga juta kunjungan pelancong dari berbagai negara ke Provinsi Sulut.

Ia mengatakan, kunjungan wisman akan memberikan nilai tambah ehingga akan mampu meningkatkan produksi dan pendapatan sehingga Kadin akan membentuk tim dengan pola sinergitas dengan UMKM dari luar.

UMKM, katanya, merupakan ujung tombak perekonomian daerah, karena mereka tidak akan mudah diterpa dengan krisis ekonomi.

Berkaca dengan krisis ekonomi di tahun 1998, katanya, banyak industri serta pabrik besar yang gulung tikar, tetapi UMKM bisa bertahan.

"Apalagi UMKM di Sulut, penuh dengan inovasi dan kreativitas, saya pastikan akan mampu mendorong perekonomian daerah lebih baik lagi," katanya.

Kadin, katanya, akan berupaya memfasilitasi para UMKm agar tetap maksimal dan mengutamakan kualitas produk.

(T.KR-NCY/C/A013/A013) 25-04-2018 12:38:29

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024