Manado, (Antaranews Sulut) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kolaborasi dengan pihak Gojek dalam melindungi pengemudi transportasi online di daerah tersebut.

"Kami tidak menargetkan berapa banyak, pokoknya sebanyak-banyaknya, pengemudi transportasi online masuk program BPJS-TK," kata Kepala BPJS-TK Cabang Manado Asri Basir di Manado, Jumat.

Asri mengatakan pengemudi transportasi online ini, katanya, merupakan tenaga kerja bukan penerima upah (BPU).

"Jika terdaftar sebagai peserta program BPJS-TK, akan dilindungi jaminan kematian (JKM) dan jaminan kecelakaan kerja (JKK), hanya dengan membayar iuran sebesar Rp16.800 per bulan," katanya.

Iuran sebesar ini, katanya, dirasa kecil bagi pengemudi transportasi online, karena akan dilindungi selama melakukan pekerjaan, yakni JKM sebesar Rp24 juta, dan jika meninggal dalam pekerjaan sebesar 48 kali gaji.

"Dan jika mengalami kecelakaan kerja akan ditanggung semuanya oleh BPJS-TK," katanya.

Dia menjelaskan proteksi atau perlindungan kecelakaan kerja sering kali tak menjadi perhatian bagi pekerja sektor informal termasuk mitra pengemudi transportasi online. Pemahaman yang kurang ini juga dibarengi dengan sulitnya mereka mengakses layanan jasa keuangan dan kemudahan pembayaran iuran.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Gojek sebagai penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia berkolaborasi dengan BPJS-TK untuk mempermudah akses para mitra driver terhadap layanan jaminan sosial ini.

Melalui program kolaborasi ini, mitra driver Gojek  bisa semakin mudah mengakses layanan jaminan sosial yang berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dari BPJS-TK.

Dan kegiatan BPJS-TK berkolaborasi dengan Gojek akan dilaksanakan pada (14/4) di Kawasan Mega Mas Manado dengan para tamu undangan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara Erny Tumundo, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sulutgomalut Elyanus Pongsoda, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku Sudirman Simamora dan Senior VP Public Policy and Government Relations Gojek Malikulkusno Utomo.



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 13-04-2018 15:33:12

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024