oleh Jorie M R Darondo

Manado, 9/4 (Antaranews Sulut) - Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado memperingati HUT ke-72 TNI AU secara sederhana melalui upacara berlangsung di lapangan dirgantara Lanudsri Manado, Senin.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam sambutan dibacakan Kadis Personel Lanudsri Letkol Adm Enos Pasodung mengatakan momentum peringatan hari jadi angkatan udara pada hakekatnya merupakan upaya pelestarian nilai-nilai historis perjuangan pengabdian sejak awal kelahirannya.

"Sehingga ingatan kita selalu kembali kepada jasa para pahlawan, khususnya para perintis dan pendahulu Angkatan Udara," katanya.

Setiap tanggal 9 April merupakan saat yang tepat untuk terus menggali semangat pengabdian, pantang menyerah dan dedikasi tinggi para pejuang, pelopor, sesepuh dan senior angkatan udara yang telah meletakkan dasar-dasar organisasi pertahanan negara di udara yang implementasinya sangat relevan bagi keberadaan TNI AU di masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang.

Pada bagian lain dalam sambutan itu dia mengatakan perkembangan lingkungan strategis serta pesatnya kemajuan ilmu pengethauan dan teknologi kedirgantaraan memicu munculnya bentuk ancaman baru dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara serta hubungan antarnegara seakan tanpa batas, menyebabkan tantangan yang dihadapi Angkatan Udara ke depan semakin berat.

Mengantisipasi berbagai tantangan terhadap dinamika tersebut, TNI Angkatan Udara harus memiliki kemauan, tekad dan komitmen untuk dapat mewujudkan hasil yang optimal dengan kekuatan dan kemampuan TNI AU yang dimiliki saat ini.

Namun harus disadari, bahwa menjaga kondisi alat utama sistem senjata udara agar tetap siap operasional, tentu bukan masalah yang mudah, karena berkaitan dengan kesiapan seluruh komponen Angkatan Udara, berupa kesiapan personel, alutsista, pangkalan udara, fasilitas dan sarana lainnya serta ketersediaan anggaran.

Oleh karena itu, kepada seluruh personel angkatan udara, dalam melaksanakan tugas agar membuat perencanaan yang baik, saling bersinergi dan bekerjasama dengan segenap komponen bangsa dan rakyat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

"Tunjukan bahwa personel TNI Angkatan Udara adalah insan dirgantara yang mengerti dan memahami akan tugas serta tanggung jawabnya dalam menjaga pertahanan negara di udara," katanya.









(T.J009/B/G004/G004) 09-04-2018 14:25:59

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024