Manado, (Antaranews Sulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan pembangunan tempat pengelolaan industri sampah (TPIS) di Wori, Kabupaten Minahasa Utara direncanakan menyuplai listrik sebesar 10 megawatt(MW).

"Suplai listrik ini pada akhirnya juga akan dinikmati oleh masyarakat," kata Gubernur Olly di Manado, Kamis.

Soal investor, kata dia, telah siap membangun lokasi ini dan dijadwalkan proyek rampung pada tahun 2021 mendatang.

"Pemerintah pasti akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat," katanya.

Gubernur berharap, masyarakat di sekitar lokasi pembangunan mendukung pembangunan infrastruktur yang memanfaatkan sampah dari beberapa kabupaten dan kota terdekat.

"Provinsi Sulut bersyukur karena dari 34 provinsi dan 540 kabupaten/kota di Indonesia hanya 10 daerah yang mendapat bantuan pengelolaan sampah terintegrasi ini," katanya.

Lokasi pembangunan di Kecamatan Wori itu, lanjut dia, bukan dijadikan tempat pembuangan akhir melainkan dijadikan pusat pengelolaan sampah.

"Kami berharap warga cerdas dalam menerima informasi terkait tempat pengelolaan industri sampah ini, jangan ada lagi isu-isu pemerintah tidak mensejahterakan masyarakat. Proyek ini semata-mata untuk kepentingan rakyat," katanya mengharapkan.

TPIS di Kabupaten Minahasa Utara ini akan memanfaatkan produksi sampah dari Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado, Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon.



(T.K011/B/G004/G004) 05-04-2018 08:28:25

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024