Oleh Jorie Darondo

Manado, 12/3 (Antaranews Sulut) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado melakukan cegah dini narkoba kepada pelajar yang berada di daerah tersebut.

"Cegah dini tersebut dilakukan melalui sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba kepada pelajar," kata Kepala BNN Manado AKBP Eliasar Sopacoly, di Manado, Senin.

Ia mengatakan, untuk saat ini, penyuluhan dampak dan bahaya narkoba dilakukan di tiga sekolah masing-masing SD Negeri 96 Manado, SD Negeri 09 Manado dan SMA Negeri VII Manado

"Total pelajar yang mengikuti sosialisasi pada tiga sekolah tersebut sekitar 1.650 siswa dan guru," katanya.

Eliasar Sopacoly pada sosialisasi di SMA Negeri VII Manado mengatakan dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba yaitu dapat merangsang, mengacaukan dan juga menurunkan aktivitas susunan saraf pusat.

Orang yang sudah mengalami ketergantungan narkoba ini besar kemungkinannya akan mengalami kerusakan pada organ tubuhnya yang pada akhirnya akan berakibat kematian.

Setiap jenis narkoba masing-masing mempunyai efek samping yang bervariasi.

Jika terhadap fisik akan menimbulkan gangguan, kerusakan bahkan sampai kekematian, maka secara psikologi akan menimbulkan efek diantaranya yaitu menimbulkan kelainan perilaku, menimbulkan paranoid atau ketakutan yang gberlebihani, halusinasi, gelisah, perilaku yang menjurus kekerasan, depresi, ketakutan, sulit mengendalikan diri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dampak lain yang sangat membahayakan yaitu penyalahguna, pecandu narkoba cenderung menjadi orang yang malas dan tidak produktif dan paling parah apabila sudah sakaw dan mereka butuh narkoba segera.

"Parahnya jika mereka menggunakan jalan pintas dengan melakukan tindak kriminal maka yang dirugikan bukan dirinya sendiri tetapi juga orang lain," katanya.

Pada kegiatan penyuluhan tersebut juga dilakukan pembacaan deklarasi antinarkoba dan penyerahan spanduk, poster, stiker pesan-pesan antinarkoba.

Penyuluhan tersebut juga menghadirkan pembicara Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Manado Diane SM Kawatu di SD Negeri 96 Manado dan Penyuluh Narkoba Ahli Pertama Purnama Wijaya di SD Negeri 09 Manado.





(T.J009/B/G004/G004) 12-03-2018 17:54:22

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024