Bitung, (Antaranews)- Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi mengimbau  masyarakat Kota Bitung agar tetap waspada terhadap berjangkitnya penyakit menular yang sering muncul akibat tidak stabilnya cuaca saat ini, cuaca ekstrem.

Wali Kota mengatakan, intensitas curah hujan yang tinggi disusul cuaca panas belakangan ini kerap timbul penyakit menular seperti demam berdarah dengue (DBD), dan diare serta ISPA karena itu  mengimbau agar masyarakat untuk tetap waspada.

"Cuaca saat ini sedang tidak stabil, kadang intensitas hujan tinggi, kadang juga cuaca panas," kata Lomban.

Menurut Lomban, curah hujan yang tinggi akan memunculkan banyak genangan, sehingga wadah yang terisi air hujan juga menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Untuk mencegah persebaran nyamuk penyebab DBD meluas, ia mengajak masyarakat untuk membersihkan lokasi yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak seperti mencegah adanya genangan," sebutnya.

Masyarakat diminta tetap menjaga kondisi badan dengan meningkatkan kekebalan tubuh, berupa olahraga tetap dijalankan sesuai kemampuan, serta makan makanan sehat bergizi dan istirahat cukup.
 

Pewarta : Marlita E.S Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024