Manado, (Antaranews Sulut) - Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan mengatakan pemerintah mendukung penyelenggaraan Cap Go Meh di daerah itu.

"Pemerintah mendukung penuh kegiatan tersebut, dan ini masuk dalam `Calender of event ` Pemkot Bitung," kata Pangemanan pada rapat bersama pengurus Klenteng Seng Bo Kiong Bitung dan Panitia prosesi Cap Go Meh bersama Pemerintah Kota, di Bitung, Jumat.

Ia menambahkan, akan mengerahkan sejumlah dinas terkait di jajaran Pemkot Bitung, agar prosesi tersebut berjalan lancar.

Seperti Dinas Perhubungan akan mengatur jalur yang akan dilewati prosesi Cap Go Meh itu.

Pada prosesi Cap Go Meh itu terdapat empat Tang Sin, serta dalam arak-arakan akan ada empat Kio atau pikulan, barisan Cakalele dan musik bambu.

Rute yang akan ditempuh dalam prosesi ini mengambil titik start dari depan Klenteng Seng Bo Kiong menuju arah pertigaan Inkoaksu kemudian ke DPRD Bitung dan belok kanan ke depan kantor Wali Kota.

"Di depan kantor wali kota, sudah disiapkan panggung utama, selanjutnya berbelok kembali finish di Klenteng dengan jarak sekitar lima kilometer," katanya.

"Kami berharap dukungan seluruh lapisan masyarakat di Kota Bitung, karena prosesi Cap go Meh, pada Purnama Agung tahun ini telah direstui Tuhan, agar tercipta kehidupan selaras, banyak berkat, serta jauh dari bencana,? ujar Rohaniwan Klenteng Seng Bo Kiong Rolly Ciwulusan. ***4***



(T.J009/B/M007/M007) 23-02-2018 20:06:38

Pewarta : Marlita Korua

Copyright © ANTARA 2024