Manado, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Bitung Maxmilian Lomban mengajak seluruh masyarakat daerah itu agar berperan dalam menjaga kebersihan kota.

"Kebersihan kota akan memberikan dampak kesehatan bagi masyarakat serta menghindarkan Kota Bitung dari bencana banjir akibat sampah yang menumpuk di saluran-saluran air," kata Lomban saat melakukan pematauan langsung kebersihan di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Kamis.

Pemantauan itu dilaksanakan mulai dari Pusat Kota, Taman Kesatuan Bangsa dan berakhir ke SD GMIM I Bitung.

Menurut Lomban, menjaga kebersihan berarti menopang juga program pemerintah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional di tahun 2018 yang bertema "Sayangi bumi bersihkan dari sampah". 
 
"Sesuai pantauan lingkungan yang ada masih asri dan bersih tidak terlihat sampah-sampah plastik berserakan, dan tempat-tempat sampah tersedia di beberapa tempat yang mudah ditemui" kata Lomban. 
 
Dalam pemantauan tersebut wali kota berkesempatan berkunjung ke SD GMIM I Bitung, dengan memberikan sosialisasi tentang kebersihan dan bahaya sampah plastik kepada siswa-siswa yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

"Mari sama-sama jaga kebersihan di kota Bitung. Mulai dari rumah, sekolah, dan tempat- tempat yang sering didatangi dengan membuang sampah pada tempatnya," katanya.

Lomban menambahkan, sampah plastik susah sekali terurai, jadi mesti hidup sehat dengan menjaga kebersihan seperti buang sampah pada tempatnya. ***3***
(T.J009/B/S023/S023) 22-02-2018 22:39:07

Pewarta : Marlita Korua

Copyright © ANTARA 2024