Manado, 13/2 (Antaranews Sulut) - Wakil Ketua MPR RI, EE Mangindaan mengatakan akan memperjuangkan anggaran pusat bagi Sulawesi Utara (Sulut) dihitung berdasarkan daerah kepulauan. 

"Selama ini anggaran bagi Sulut, dihitung hanya untuk provinsi yang berbentuk daratan sehingga tidak kurang menyentuh kabupaten kepulauan," kata Mangindaan di Manado, Selasa. 

Dia mengatakan, selama ini anggaran dari pusat ke Sulut belum begitu besar, karena laut tidak masuk dan jatah pulau-pulau pun berkurang banyak. 

Hal tersebut, kata Mangindaan merugikan Sulut, karena seharusnya jika dihitung sebagai daerah kepulauan maka menjadi lebih besar bahkan bisa menjadi dua kali lipat. 

Mangindaan mengatakan, anggaran untuk daerah kepulauan selalu lebih tinggi dari yang hanya daratan saja, karena itu maka pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut kepada pemerintah pusat, dan masih menunggu jawaban. 

"Kami berharap permintaan dan usulan dari DPR-RI tersebut akan mendapatkan tanggapan positif dari pemerintah pusat, sehingga anggaran pembangunan untuk Sulut bisa bertambah dan makin banyak yang bisa disentuh baik fisik maupun mental," katanya. 

Mangindaan mengatakan, pembangunan di Sulut, sudah berjalan baik, apa yang dilakukan para gubernur sampai pada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw semuanya baik, dan akan menjadi lebih mantap dengan tambahan anggaran dari pusat. 

Apalagi untuk kabupaten kepulauan yakni Sangihe, Sitaro dan Talaud akan mendapatkan jatah yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya, dan program pembangunan akan berjalan makin maksimal.***1***


(T.KR-JHB/B/G004/G004) 13-02-2018 22:58:00

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Joyce Hestyawatie
Copyright © ANTARA 2024