Minahasa Tenggara, 7/2 (Antaranews Sulut) - 12 bangunan Puskesmas beserta sarana pendukung lainnya yang tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Minahasa diresmikan Bupati James Sumendap secara bersamaan di Ratahan Timur, Rabu.
"Peresmian bangunan dan fasilitas pendukung lainnya di Puskesmas ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten dalam memperhatikan pelayanan kesehatan," kata James.


    Dia mengungkapkan, semua fasilitas yang telah dibangun atau diperbaiki oleh Pemkab diharapkan dapat dimanfaatkan dan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

    "Saya harap ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, sehingga setiap masalah kesehatan langsung mendapatkan penanganan," ujarnya.
James pun meminta kepada seluruh tenaga medis yang ada di Puskesmas agar memperhatikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

    "Apalagi saat ini Pemkab sudah menjamin semua warga di Kabupaten Minahasa Tenggara dengan BPJS, makanya pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga harus diperhatikan," tandasnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Rinny Tamuntuan mengungkapkan total anggaran pembangunan Puskesmas dan sarana pendukung yakni Rp 9.348.123.000.

    "Itu termasuk Puskesmas Ratahan Timur, Ratahan, Ratatotok dan Tombatu, serta rehabilitasi Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan rehabilitasi Puskesmas Touluaan dan Molompar Tombatu," jelasnya.

    Sedangkan fasilitas pendukung lainnya yakni pembangunan rumah dinas dokter Puskesmas Pusomaen, Bassan dan Molompar Belang, Tembelang dan Touluaan.***4***


Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024