Manado, (AntaraSulut) - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Riel Mantik optimistis pembebasan lahan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara tuntas hingga akhir tahun 2017.

"Kami terus berupaya melakukan pendekatan ataupun sosialisasi kepada pemilik lahan yang tanahnya dilalui program strategis nasional ini," kata Mantik di Manado.

Dia menjelaskan, pembebasan lahan pada segmen 0-7 kilometer sudah menyentuh angka 94 persen, sementara segmen 7-14 kilometer akan mencapai 91 persen setelah melalui proses diskusi yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembayaran ganti rugi.

Begitupun dengan segmen 14-39 kilometer yang saat ini terus diupayakan mencapai 70 persen.

"Mudah-mudahan kita bisa mencapai 100 persen, namun ada beberapa bidang yang harus dikonsinyasi," ujarnya.

Terkait pengerjaan struktur tol, lanjut dia, akan terus dimaksimalkan untuk lahan-lahan yang sudah dibebaskan, sambil menyelesaikan bidang-bidang tanah lainnya.

"Kami tetap optimistis pengerjaan tol Manado-Bitung yang melintasi wilayah Kabupaten Minahasa Utara akan tuntas hingga akhir tahun 2018," katanya.

Sebab kata dia, tantangan pekerjaan struktur tidak sulit karena ditunjang dengan kondisi tanah bagus serta mobilitas dan akses kerja mudah.

Hingga saat ini, lanjut dia, penyelesaian srtuktur diperkirakan mencapai 30 persen. ***3***

(T.K011/B/B012/B012) 13-12-2017 08:09:01

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024