Manado, (AntaraSulut)- Wanita Ne Toudano (WNT) Jakarta akan berperan aktif dan memberikan peran nyata dalam pembangunan bagi wanita-wanita yang ada khususnya di Tondano, Kabupaten Minahasa.

    "Tentunya setelah dilantik kami akan berperan aktif dalam pembangunan, karena dewasa ini peran wanita mengalami perkembangan yang cukup signifikan," kata Ketua WNT Jakarta, Greity Tilman.

    Tilman mengatakan, kepengurusan dengan masa bhakti 2017-2020 yang baru dilantik oleh Bupati Minahasa Dr Jantje Wowiling Sajouw, tentunya memberikan tanggungjawab yang luar biasa dalam memotivasi wanita-wanita Tondano di Jakarta, untuk memotivasi, wanita-wanita di Tondano.

    Ia mencontohkan,sejarah perjuangan RA Kartini menuntut perannya sebagai wanita untuk berkarya bagi bangsanya di berbagai bidang dengan pengarus utamaan kesetaraan gender.

    Karena itu, lanjut Tilman yang juga Koordinator PKB Indonesia Timur itu, peran wanita untuk membangun sebuah bangsa tentu saja mutlak diperlukan, hal ini didasari oleh berbagai macam kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh wanita itu sendiri baik secara general maupun individual. 

    "Ruang apresiasi bagi para kaum wanita saat ini telah diberikan dan semakin terbuka, wanita telah diberikan kesempatan untuk menunjukkan eksistensinya dalam pembangunan suatu bangsa," ungkapnya.

    Terbukti pemerintah Kabupaten Minahasa dan saat ini juga telah menyediakan program Pemberdayaan Perempuan untuk meningkatkan status, posisi dan kondisi perempuan agar dapat mencapai kemajuan yang setara dengan  laki-laki agar dapat membangun anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan bertaqwa serta terlindungi.

    Salah satu indikator integrasi perempuan dalam pembangunan adalah tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan disemua bidang lapangan kerja sebagai politikus, PNS, karyawan, buruh perusahaan termasuk petani, hingga tahun 1998 saja mencapai 40,2 persen. Tentu hal itu akan terus bertambah setiap tahunnya. 

    Ia menambahkan, pada HUT WNT pada Februari 2018, akan mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan mengangkat harkar dan martabat perempuan Tondano.

    WNT sudah banyak melaksanakan kegiatan di Minahasa seperti pemberian buku gratis bagi anak sekolah, buku bacaan dan berbagai kegiatan sosial lainnya.meningaktkan  


    
    

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024