Manado, 27/11 (Antara) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) memggelar kegiatan pasar murah dan donor darah di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini kami lakukan dalam rangka peringatan ulang tahun BPJS-TK ke-40 tahun," kata Kepala Cabang BPJS-TK Sulut Asri Basir di Manado, Senin.

Asri mengatakan kegiatan pasar murah dan donor darah ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT BPJS-TK dan sebagai bentuk berbagi kepada sesama.

"Kegiatan ini juga terkait dengan tanggung jawab sosial lingkungan, yang kegiatannya meliputi donor darah dan pasar murah. Hal ini dimungkinkan karena di BPJS-TK sudah bukan lagi badan usaha milik negara," katanya.

Kepala Bidang Pemasaran BPJSTK, Adisafah Curmacosasi mengatakan kegiatan donor darah dibuka untuk masyarakat umum, sedangkan untuk pasar murah, sementara ini dikhususkan untuk pekerja bukan penerima upah yang sudah menjadi peserta, yaitu para pengemudi online.

"Sudah kami sampaikan kepada manajemen gojek bahwa untuk tahap pertama, kami khususkan dulu untuk para pengemudi go ride, dengan syarat memperlihatkan akun mitra gojek dan KTP," ujar Adisafah.

Kedepannya jika kuota masih memungkinkan, kata Adisafah, kegiatan pasar murah akan dibuka untuk masyarakat umum, misalnya warga yang tinggal di sekitar kantor BPJS-TK Cabang Sulut.

Dia juga menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan pasar murah dan donor darah, agar masyarakat tahu bahwa BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya hadir pada saat terjadi resiko saja, melainkan peserta juga menerima manfaat lain dari BPJS-TK.

"Kegiatan ini dilakukan di 40 kota, diantaranya di Banda Aceh, Medan, Jakarta, Ambon, Ternate, Gorontalo, Mamuju, Makassar, Palu, Kendari, Manado dan lain sebagainya," jelas Adisafah.

Kabid Pelayanan BPJS-TK Manado Hamyuliawati Hamzah mengharapkan kegiatan sosial donor darah di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulut dapat membantu masyarakat pekerja dan masyarakat pada umumnya.

Donor darah ini merupakan bentuk kepeduliaan terhadap kegiatan kemanusiaan dengan target 75 orang pendonor. Namun, untuk di Sulut ditargetkan bisa mencapai 100-120 pendonor.

Peserta donornya melibatkan masyarakat umum, driver gojek, serta pekerja BPJS-TK.

Dengan pelaksanaan donor darah ini diharapkan bisa menyentuh masyarakat. Sebab, kami di samping melindungi pekerja juga peduli terhadap kemanusiaan," tandas Hamzah.***4***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 27-11-2017 13:21:05

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024