Manado, 22/11 (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan sistem keuangan desa (Siskeudes), bagi 135 sekretaris desa, kepala seksi, dan operator di Manado, Kamis.
  
 Kegiatan yang dibuka Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Keuangan dan Administrasi Umum Piether Owu, mengatakan, penggunaan Siskeudes dalam pengelolaan dana desa adalah amanat dan sesuai aturan yang berlaku.
 
   "Makanya para peserta dimintakan agar serius dalam mengikuti kegiatan ini, karena ini merupakan amanat bagi pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa," katanya.
  
   Lebih lanjut kata Piether hal penerapan Siskeudes diharapkan dapat dikelola dengan baik, karena telah terintegrasi dalam pelaporan keuangan pemerintah daerah.

    "Jadi penatausahaan dana desa lewat Siskeudes juga harus dimanfaatkan dengan baik, karena ini dapat mempromosikan laporan keuangan pemerintah daerah," katanya.

   Dia pun memungkinkan agar para operator Siskeudes di setiap desa terus berkoordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (BKD), selaku instansi teknis yang menangani pengelolaan sistem anggaran termasuk dana desa.
 
   Sementara itu Kepala Bidang Anggaran BKD Kabupaten Minahasa Tenggara Yoldi Winerungan menjelaskan, Bimtek tersebut dalam rangka pengisian Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) perubahan pada tahun 2017.
 
   "Kami usahakan juga proses pengisian ini cepat selesai, sehingga dana desa tahap dua sudah bisa  disalurkan," jelasnya.
 
   Dia menambahkan, berdasarkan informasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kabupaten Minahasa Tenggara merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang secara penuh pengelolaan dana desa menggunakan Siskeudes.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024