Tomohon, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), mengembangkan sektor perdagangan dan perindustrian untuk mendorong perekonomian masyarakat.

"Pemerintah memberikan perhatian terhadap sektor ini karena memiliki peran penting dalam rangka pencapaian misi kedua Kota Tomohon yaitu mewujudkan daerah yang berdaya saing dan mandiri," kata Wali Kota Jimmy F Eman di Tomohon, Selasa.

Dia mencontohkan pembenahan infrastruktur Pasar Beriman Tomohon sebagai pasar rakyat sehingga menjadikannya sebagai salah satu dari 68 pasar di seluruh Indonesia yang menjadi tolok ukur pengukuran dan perhitungan harga rata-rata nasional melalui sistem informasi perdagangan Kementerian Perdagangan RI.

"Ke depan juga direncanakan akan dibangun pasar penopang di wilayah Kecamatan Tomohon Selatan dan Kecamatan Tomohon Barat yang diharapkan akan memicu perkembangan perekonomian di dua wilayah tersebut," ujarnya.

Sementara itu, pengembangan sektor industri kecil dan menengah diharapkan mampu menopang sektor pariwisata sebagai ikon Kota Tomohon baik industri pengolahan maupun pangan.

"Sejauh ini, ada satu produk unggulan dari Kota Tomohon yang sudah menembus pasar ekspor sampai ke Filipina yaitu industri rumah panggung," katanya.

Ke depan, pemerintah mendorong dan mengharapkan ada lagi produk IKM yang diekspor dari sektor pertanian bunga dan pangan olahan.

Wali Kota optimistis dengan berbagai terobosan yang dilakukan akan semakin banyak lagi produk industri kecil dan menengah yang masuk pasar ekspor selain rumah panggung.

"Mari kita membangun sinergitas yang baik, membangun jaringan dan koordinasi yang harmonis, serta mempertajam program-program yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan produk yang berpeluang ekspor," katanya. ***3***



(T.K011/B/A043/A043) 21-11-2017 19:12:47

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024