Manado, 20/11 (Antara) - Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulawesi Utara Kombes Pol Henny Posumah mengatakan, peserta yang mengikuti Pendidikan Alih Golongan dari Bintara ke Perwira pada tempat tersebut berasal dari sejumlah Kepolisian Daerah di Indonesia.

"Pesertanya sebanyak 107 orang, berasal dari sejumlah Polda," kata Henny usai pembukaan Pendidikan Alih Golongan (PAG) tahun anggaran 2017 di SPN Polda Sulawesi Utara (Sulut), Manado, Selasa.

Henny Posumah mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 78 personel dari Polda Sulut, Polda Gorontalo 17 personel, Polda Kalimantan Barat enam personel, Polda Kalimantan Tengah empat personel, Polda Kalimantan Selatan dan Polda Sulawesi Tengah masing-masing satu personel.

Para personel tersebut akan mengikuti pendidikan selama sebulan di SPN Polda Sulut.

Dalam mempersiapkan personel dari Bintara menjadi Perwira selama waktu pendidikan tersebut, dengan melakukan pengembangan metode pembelajaran lebih mengarah kepada pembentukan personel sebagi perwira.

Seperti dalam pendidikan tersebut para personel berada satu pleton bergantian berperan sebagai Kapolsek kemudian sebagai Kanit- Kanit.

Serta bagimana menggali pengalaman dari personel tersebut selama ini, untuk diimplementasikan dalam bentuk manajemen.

"Jadi dalam pendidikan tersebut, bagaiaman mempersiapkan personel tersebut sebagai perwira," katanya.

Ia menambahkan, contoh dalam menghadapi pengamanan Pilkada, sebagai seorang perwira untuk melakukan perencanaan pengamanan, mengorganisasikan serta pengawasan.

Pembukaan PAG tersebut dilakukan dalam suatu upacara dipimpin Irwasda Polda Sulawesi Utara Kombes Pol Hotman Simatupang. ***2***



(T.J009/B/H005/H005) 20-11-2017 16:28:26

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024