Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengajak Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bersinergi mendukung Program Strategis Nasional(PSN) yang ada di wilayahnya.

"Optimalnya rintisan karya yang sedang diupayakan di Kabupaten Minahasa Utara ini memerlukan sinergitas dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat," kata Gubernur Olly pada paripurna ulang tahun Kabupaten Minahasa Utara ke-14, Selasa.

Gubernur mengatakan, PSN yang sementara dibangun di kabupaten pemekaran Minahasa itu yaitu bendungan Kuwil dan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39.9 kilometer.

Sementara "Program Prioritas Provinsi Sulut" yaitu pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang, pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) regional dan pembangunan di sektor pertanian.

Khusus pembangunan TPA yang sempat mengalami penolakan masyarakat, Olly memastikan akan menggunakan teknologi modern ramah lingkungan yang telah digunakan di negara-negara maju dan dibangun jauh dari kesan kumuh.

"Kami telah survei hingga di negara lain yang memiliki TPA yang modern. Jadi nantinya TPA yang didirikan tidak ada kesan kumuh dan merusakan lingkungan sekitar TPA," ujarnya.

Selain sinergitas antarpemerintah, Gubernur berharap, kondisi keamanan daerah yang kondusif harus diwujudkan semua pemangku kepentingan.

"Jagalah stabilitas keamanan daerah, tingkatkan harmonisasi kehidupan sosial masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan sekaligus menopang optimalnya pembangunan di sektor pariwisata dan pertanian ke depan," ajaknya.***3***



(T.K011/B/G004/G004) 20-11-2017 22:13:28

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024