Manado, 17/11 (Antara) - Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito melakukan serah terima jabatan (Sertijab) Kasdam dan Danrem 131 Santiago, di Manado, Jumat.

Jabatan Kasdam dari Brigjen TNI Santos Matondang kepada Brigjen TNI A.A.B. Maliogha sedangkan Danrem 131 Santiago dari Brigjen TNI Sabar Simanjuntak kepada Kolonel Inf Joseph Robert Giri.

Pangdam Ganip Warsito mengatakan sebagaimana lazimnya organisasi yang dinamis, Angkatan Darat secara terencana terus melaksanakan pergantian formasi jabatan dalam rangka pembinaan personel dan pembinaan satuan.

Serah terima jabatan kali ini juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan tugas dan dinamika organisasi TNI AD, terlebih khusus di lingkungan Kodam XIII Merdeka.

Ini dimaksudkan untuk memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan Kodam XIII Merdeka.

"Antara lain dengan membangun suasana yang baru dan semangat penyegaran serta kreativitas pemikiran guna menjaga keefektifan pelaksanaan tugas," katanya.

Ia mengatakan Kasdam merupakan jabatan yang sangat strategis, yakni bertugas mengkoordinir dan membina unsur-unsur pembantu pimpinan, pelayanan dan pelaksana.

Selain itu, melaksanakan tugas lain yang diberikan secara khusus oleh Pangdam.

"Kasdam bertanggung jawab mendinamisasikan kegiatan staf dan mewujudkan pembinaan ketertiban administrasi internal guna memacu peningkatan kinerja organisasi," katanya.

Ia mengatakan sebagai sub kompartemen strategis Kodam XIII Merdeka, Korem 131 Santiago dituntut untuk mampu menyelenggarakan tugas-tugas pembinaan kewilayahan.

Apalagi gelar kekuatan matra darat di wilayah Korem 131 Santiago memiliki karakteristik yang relatif unik dengan berbagai kekhususan, karena diwarnai oleh keberagaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat.

Aparat kewilayahan harus memahami bahwa setiap permasalahan yang timbul di daerah pada hakikatnya merupakan suatu keterpautan dan akumulasi dari beragam persoalan aktual yang berkembang di masyarakat.

Dengan demikian, penanganan setiap isu strategis yang muncul di masyarakat harus mengedepankan kerja sama sinergis dan harmonis dengan aparat negara dan pemerintah daerah serta elemen bangsa lainnya guna menciptakan stabilitas kondisi sosial yang aman, tertib, terkendali dan kondusif.

"Lakukan tugas-tugas pembinaan kewilayahan dengan sebaik-baiknya, dengan dilandasi semangat kebersamaan, semangat kekeluargaan, semangat kegotong-royongan dan kemanunggalan TNI-Rakyat," katanya.

Ia menambahkan, bangun terus komunikasi sosial melalui dialog serta interaksi yang intensif dan konstruktif dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya dalam upaya penyelesaian setiap permasalahan yang berkembang di wilayah.

Pelihara dan tingkatkan terus kesiapsiagaan operasional satuan-satuan jajaran Korem 131 Santiago, dengan memantapkan kesiapan personel dan materil seoptimal mungkin, guna menghadapi berbagai dinamika dan perubahan situasi yang setiap saat dapat terjadi.
***2***
(T.J009/B/E008/E008) 17-11-2017 17:02:32

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024