Manado, 17/11 (Antara) - Kantor Imigrasi Kelas I Manado, Sulawesi Utara, melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Pos Indonesia Manado tentang pelayanan pembayaran PNBP Keimigrasian dan pelayanan jasa pengiriman paspor.

Penandatanganan dilakukan Kepala Kantor Imigrasi Manado Friece Sumolang dan Kepala Kantor Pos Manado Sugandi di Manado, Jumat.

Kepala Kantor Imigrasi Manado Friece Sumolang mengatakan akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima kepada masyarakat.

"Untuk itu kami telah melakukan kerja sama dengan PT Pos. Dalam kerja sama ini pihak Pos sudah menyiapkan kendaraan mobile dalam melayani masyarakat untuk pembayaran pengurusan paspor," katanya.

Ia mengatakan, jika masyarakat tidak ingin repot, bisa juga menggunakan jasa pengiriman paspor.

Masyarakat tinggal menunggu di rumah, jika paspor tersebut telah selesai akan dikirim melalui Pos.

"Tentunya ini setelah masyarakat menandatangani perjanjian dengan kantor pos, setuju dengan pengiriman tersebut," katanya.

Kepala Kantor Pos Manado Sugandi mengatakan nota kesepahaman tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang akan membuat paspor.

Kantor Pos Manado akan melayani masyarakat yang akan membuat paspor dengan menyiapkan mobil untuk menerima setoran pembayaran.

"Pembayaran tersebut sesuai dengan tarif yang berlaku, tidak ada biaya tambahan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga menyediakan pilihan kepada masyarakat berupa pelayanan pengiriman paspor sampai ke rumah.

Untuk biaya pengiriman paspor dengan tujuan lokal Manado Rp25 ribu sedangkan luar Manado Rp30 ribu.

"Dengan kerja sama ini dapat lebih memudahkan masyarakat Sulut dalam pembuatan paspor," katanya.

Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan Kepala Divisi Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sulut Dodi Karnida, Kepala Divisi Bisnis jasa Keuangan Retail dan Properti PT Pos Indonesia Regional Sulawesi Maluku Arif dan Kepala Ombudsman Sulut Hilda Tirajoh. ***3***

(T.J009/B/N002/N002) 17-11-2017 18:21:58

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024